7 Strategi Pemasaran Untuk Peningkatan Bisnis Ritel Yang Lebih Baik

Di pasar produsen/industri, yaitu para produsen yang membeli barang modal untuk digunakan sebagai alat pengolah dan yang membeli bahan baku untuk diolah kembali. Pelanggan tidak bergantung kepada kita, tetapi kita yang bergantung kepadanya. Pelanggan tidak pernah menganggu pekerjaan kita, sebab dia adalah tujuan dari pekerjaan kita. Kita tidak melakukan yang baik dengan melayani dia, tetapi justru pelangganlah yang memberikan kesempatan kepada kita untuk dapat melayani dia. Tidak seorang pun dapat memenangkan apabila berargumentasi dengan pelanggan, sebab pelanggan adalah orang yang membawa kita kepada pemenuhan kebutuhannya. Oleh karena itu, adalah pekerjaan kita untuk dapat memperlakukan pelanggan yang menguntungkan bagi pelanggan dan juga buat perusahaan kita.

Perusahaan dompet digital OVO juga terkenal menjalin kerjasama dengan banyak toko-toko offline di Indonesia. OVO menawarkan cashback dan diskon untuk pembelian langsung di gerai-gerai yang bekerjasama dengan OVO. Alhasil, masyarakat akan tertarik menggunakan OVO sebagai metode pembayaran mereka sekaligus lebih memilih berbelanja di gerai-gerai yang bermitra dengan OVO.

Seperti ketika kita berjanji kepada pelanggan untuk mengirim barang mereka dalam waktu forty eight jam setelah pembelian, maka pastikan pengiriman barang tidak kurang dari 24 jam. Dengan begini selain kita menepati janji, kita juga memberikan layanan yang melebihi ekspektasi pelanggan sehingga kepercayaan pelanggan terhadap kita akan semakin meningkat. Fenomena yang terus berkembang di masyarakat dalam 1 dekade belakangan ini semakin hari semakin banyak aja peminatnya dibandingkan dengan membeli barang langsung ke tokonya . Harus diakui kepopuleran e-commerce di tanah air ini menjadi salah satu indikator meningkatnya daya beli masyarakat. Tidak hanya penduduk dengan tingkat ekonomi menengah atas, yang tergolong di tingkat menengah dan menengah ke bawah juga ikut terpengaruhi akibat tren ini.

Malah, variasi produk digital di Lazada masih sangat terbatas untuk kebutuhan rumah tangga. Tawarkan berbagai macam metode pembayaran untuk meningkatkan kenyamanan pelanggan dalam membayar tagihan mereka. Menambah metode pembayaran turut membantu meningkatkan penjualan on-line bisnis karena pelanggan memiliki banyak pilihan cara untuk membayar. Salah satu contohnya adalah Niagahoster bekerja sama dengan Go-Pay untuk mempermudah klien untuk membayar tagihan hosting, area, atau VPS. Siapapun orang pasti akan betah berlama-lama di toko yang bersih dan rapi dan sebaliknya orang tak akan betah jika ia berada di toko yang kotor dan berantakan.

Salah satu alasan pelanggan anda meninggalkan situs anda dalam sekejap mata adalah karena mereka bingung dengan struktur navigasi Anda. Misalnya, banyaknya kotak information di situs anda yang saat di-klik oleh pelanggan ternyata beralih pada situs lain. Hal ini tentu membuat pelanggan sulit untuk memesan, dan mereka bisa jadi tidak akan melihat situs anda lagi. Mengikuti gaya jualan “Kecap nomor satu, Produk sendiri adalah nomor satu”, adalah kesalahan yang sering dilakukan oleh penjual.

Konsumen akan menikmati kenyamanan setiap saat untuk dapat membeli apa yang mereka inginkan dan kapan mereka menginginkannya. Anda tidak akan kehilangan angka penjualan dengan toko on-line yang buka 24/7, dibandingkan dengan jam buka toko biasa. Begitu juga dengan nama area yang bagus yang dipasangkan dengan pemasaran online. Jika kamu berbelanja produk yang diinginkan di toko konvensional, tentu akan sulit untuk membandingkan satu produk dengan produk lainnya.

Seperti halnya wanita, para pelanggan juga senang jika mendapatkan perhatian dari para pegawai. Oleh karena itu, ketika ada pelanggan datang, berikanlah perhatian kecil seperti memberikan sapaan hangat dan senyuman. Bentuk perhatian kecil seperti ini akan membuat pelanggan diperhatikan dan diterima dengan hangat. Untuk menghindari hal ini, cobalah untuk menyesuaikan janji yang Anda berikan dengan kemampuan perusahaan.

Pelanggan senang berbelanja dengan kita

Sebagai pemilik gerai / toko, atau pun karyawannya, harus memahami hal ini, harus mengerti typical konsumen ini, sehingga tahu harus bagaimana menghadapi / melayani mereka. Ya…, kadang konsumen lebih suka sendirian atau setidaknya bersama orang-orang tertentu dalam berbelanja. Intinya jangan sampai mengganggu kenyamanan pengunjung atau keasyikan konsumen dalam beriteraksi dengan produk. Artinya sebagai penjual, kita harus tetap melakukan pelayanan sebaik mungkin. Dan dari sisi penjual, seringkali beberapa konsumen enggan dilayani, karena ketika sales counter atau pramuniaga ini bertanya ke konsumen, seringkali mendapat jawaban, hanya melihat-lihat, atau sebangsanya. Karena secara umum tenaga penjual (sales counter / pramuniaga) akan melakukan berbagai upaya untuk melakukan penjualan atau agar tercipta penjualan.