Mengapa Saya Percaya Monozukuri Bukan Hanya Seni Dalam Kegiatan Produksi, Tetapi Juga Seni Bagi Masyarakat

Setelah dipercaya menjabat sebagai presiden perusahaan, saya pun memutuskan mencurahkan perhatian pada cita-cita kami menjadi perusahaan yang tidak akan tergantikan dan memiliki peran positif di masyarakat. Apa Anda mengira bahwa calon konsumen yang sebegitu sibuknya mau mengobrol dengan Anda tentang masalah hobi memancing? Walau terkadang hal ini memang memungkinkan, namun calon konsumen tentu lebih tertarik jika Anda langsung saja mengungkapkan alasan Anda menghubunginya. Saya hampir tidak percaya bahwa masih saja ada penjual yang melakukan hal yang sama pada setiap calon konsumen. Padahal, seharusnya mereka meramu dan menyesuaikan setiap presentasi sesuai kondisi dan tipe masing-masing calon konsumen.

Hal ini akan menjadikan mereka stress dan bisa melakukan hal-hal yang tidak berkenan bahkan memalukan bagi bisnis Anda. Ini berlaku bukan hanya pada penjualan telepon saja, tetapi setiap saat dalam kehidupan kita. Dalam percakapan telepon, haruslah dibina sikap yang sopan dan menghormati pendengar. Jika suatu saat orang yang Anda telepon sedang sibuk atau tidak bisa menjawab telepon Anda, jangan memaksa untuk menawarkan produk Anda. Aturlah jadwal untuk menelepon atau jika memang tidak ingin dihubungi, jangan memaksa mereka sehingga membuat telepon dari Anda seakan menjadi “mimpi buruk” bagi mereka. Pelanggan yang banyak bicara biasanya pandai mengarahkan topik pembicaraan.

Konsumen memilih produk dan merek berdasarkan pada bagaimana mereka berpikir, merasakan dan bernalar. Menganalisis apa yang mendorong emosi dan tanggapan konsumen melalui riset dapat membantu perusahaan menempatkan produk atau layanan mereka untuklebih sering dipilih. Setiap budaya memiliki subbudaya yang berbeda, seperti agama, kebangsaan, wilayah geografis, ras, dll. Kelompok pemasaran dapat menggunakan kelompok-kelompok ini, menyegmentasikan pasar dalam beberapa porsi kecil. Misalnya, pemasar dapat merancang produk sesuai dengan kebutuhan kelompok geografis tertentu.

Yang membantu pemasar untuk mengembangkan produk yang sesuai untuk setiap tahap. Jadi vendor berusaha mencari peran dan pengaruh suami, istri dan anak-anak. Jika keputusan untuk membeli produk tertentu dipengaruhi oleh istri maka penjual akan mencoba untuk menargetkan wanita dalam iklan mereka. Di sini kita harus mencatat bahwa pembelian peran berubah dengan mengubah gaya hidup konsumen. Penting bagi gross sales atau penjual untuk mempelajari perilaku konsumen. Penting juga bagi mereka untuk mengetahui konsumen sebagai individu atau kelompok yang memilih, membeli, atau memakai produk dan layanan.

Tentu saja, dengan terlebih dahulu melakukan sedikit pengamatan dan penelitian kecil sebelum bertemu dengan calon konsumen. Dari tabel di atas dapat disimpulkan bahwa e-commerce tanah air sudah menyediakan layanan pelanggan melalui berbagai channel. Meski tidak semuanya lengkap, tapi ada yang menarik dari knowledge tersebut.

Pelanggan percaya dengan kita

Karena ada sebagian pelanggan yang saat ini sudah membeli produk Anda, bisa saja dengan mudah membeli barang dagangan Anda yang lain. Tentu, perbedaan sedikit tak jadi masalah, karena mereka sudah percaya dan akan lebih mudah tertarik ketika Anda melakukan cross-selling atau up-selling. Oleh karena itu, sangat penting untuk membuat pelanggan nyaman hingga menyukai produk atau layanan Anda. Apabila mereka puas, otomatis mereka akan berperan sebagai model ambassador sekaligus tim promosi gratisan untuk bisnis Anda.

Agen Live Chat dapat memperoleh perspektif baru hanya dengan meninjau Live Chat sebelumnya dengan masing-masing pelanggan. Hal ini memungkinkan agen untuk mempercepat masalah yang didiskusikan oleh pelanggan sebelumnya, dan untuk secara proaktif menindaklanjuti pertanyaan apa pun. Pelanggan akan menghargai kenyataan bahwa mereka tidak perlu mengulang menceritakan masalah mereka sebelumnya ke agen Live Chat yang baru ditugaskan. Survei pra-Live Chat juga memungkinkan Anda untuk dengan cepat mengarahkan sesi Live Chat ke agen yang paling memenuhi syarat untuk menangani percakapan. Ketika pelanggan memulai sesi Live Chat, mereka harus memberikan beberapa informasi awal, dalam survei pra-Live Chat, yang akan menetapkan arah Live Chat.

Dengan menganalisa kepuasan pelanggan Anda dapat mengetahui yang merupakan kelemahan produk serta sektor mana yang masih memberikan kontribusi minimal terhadap kepuasan. Setelah mengetahuinya tentu ada evaluasi yang dilakukan untuk meningkatan sektor tersebut. Adakah sentimen-sentimen negatif atau positif terhadap produk yang ditawarkan. Apakah pelayanan yang diberikan tidak sesuai dengan apa yang dijanjikan oleh perusahaan?

Hasil penelitian tentang pengguna e-commerce di Indonesia menyatakan, terdapat four profil kategorisasi tukang belanja online di tanah air. Pihak Telkomsel akhirnya menyarankan Haryanto untuk melaporkan kejadian yang ia alami ke kepolisian. Haryanto pun pukul 01.00 dini hari itu juga datang Kepolisian Daerah Metro Jaya, Jakarta Selatan.